https://banjarnegara.times.co.id/
Berita

Ahmad Basarah Terima Penghargaan Nawacita 2024 untuk Kategori Pendidik Karakter Bangsa

Selasa, 17 September 2024 - 15:01
Ahmad Basarah Terima Penghargaan Nawacita 2024 untuk Kategori Pendidik Karakter Bangsa Adam Bhaskara, mewakili ayahnya Ahmad Basrah untuk menerima penghargaan Nawacita Award 2024 yang diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina MNI, Yasonna H. Laoly. (Foto: dok MNI)

TIMES BANJARNEGARA, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah, meraih Nawacita Award 2024 dalam kategori Pendidik Karakter Bangsa dari Media Nawacita Indonesia (MNI). Penghargaan ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang dinilai memiliki kontribusi signifikan dalam berbagai bidang, baik individu maupun kelembagaan.

Acara penghargaan Nawacita Award dilaksanakan di Jakarta pada Senin malam, 16 September 2024, dengan seleksi yang ketat oleh dewan juri yang dipimpin oleh Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H., Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Ahmad Basarah, yang tidak dapat hadir karena sedang berada di Saint Petersburg, Rusia, untuk mendampingi kunjungan kerja Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, mengucapkan rasa terima kasihnya melalui pernyataan pers yang diterima pada Selasa, 17 September 2024.

Nawacita-2024.jpg

Dalam keterangan tersebut, Basarah menjelaskan bahwa kunjungannya ke Rusia juga terkait program sosialisasi 4 Pilar MPR RI untuk diaspora Indonesia di Rusia, yang memiliki hak yang sama dalam pendidikan karakter bangsa. Atas ketidakhadirannya, putranya, Adam Bhaskara, hadir untuk menerima penghargaan yang diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina MNI, Yasonna H. Laoly.

Yasonna menjelaskan bahwa penghargaan Nawacita Award 2024 merupakan bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan oleh MNI kepada individu dan lembaga yang berkontribusi terhadap kemajuan bangsa, berdasarkan kriteria seperti inovasi, pelayanan publik, dan kontribusi nyata, tanpa afiliasi politik.

Menurut Direktur Utama MNI, Beesokhi Ndruru, penghargaan ini telah memasuki tahun ketiganya sejak pertama kali diberikan pada 2022. Pada tahun tersebut, terdapat 27 penerima dari sembilan kategori. Pada 2023, jumlahnya berkurang menjadi sembilan kategori, dengan satu pemenang favorit. Untuk kategori Pendidikan Karakter Bangsa sendiri baru dimulai pada 2023, di mana penghargaan ini pertama kali diberikan kepada mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, dan kini pada Ahmad Basarah.

Nawacita-2024-2.jpg

Penghargaan ini menambah daftar prestasi Ahmad Basarah, yang sebelumnya, pada 2023, juga menerima penghargaan “Positive News Maker 2023” atas perannya dalam mempromosikan nilai-nilai Pancasila.

Selain Ahmad Basarah, sejumlah tokoh juga menerima Nawacita Award 2024, di antaranya Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk Kategori Pertahanan dan Keamanan, Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab untuk Kategori Penguatan Kebhinnekaan Indonesia, Prof. Sri Edi Swasono untuk Kategori Kemandirian Ekonomi Nasional, dan Veddriq Leonardo untuk Kategori Inspirasi Generasi Muda.

Penghargaan Nawacita ini didasarkan pada konsep ideologi Trisakti yang dicanangkan oleh Presiden Soekarno pada 1964, dan diberikan kepada individu, lembaga, serta perusahaan yang berperan dalam memajukan nilai-nilai Trisakti, terutama di era digital ini. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banjarnegara just now

Welcome to TIMES Banjarnegara

TIMES Banjarnegara is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.